Kamis, 27 Agustus 2015

Tagged under:

Downhill Biking

Downhill Biking adalah olahraga menuruni bukit dengan sepeda. Sepeda itu dikendarai dengan sekencang kencangya di Bukit yg terjal dan memiliki banyak rintangan.

Olahraga ini digolongkan ke dalan olahraga ekstrem karena beresiko yg tinggi. Makanya, para Downhill Biker perlu memakai perlengkapan yg benar seperti di bawah ini :

1. Sepeda khusus untuk downhill
2. Helm yg memenuhi standar
3. Wear pack khusus
4. Sepatu yg mempunyai kunci untuk keamanan pada pedal
5. Pelindung lengan, lutut dan leher


Downhill Biking berasal dari San Fransisco, Amerika Serikat. Sekitar tahun 70 an, sejumlah remaja suka ngebut menuruni lereng bukit dengan sepeda motornya. Kegiatan mereka menimbulkan kebisingan dan menyebabkan erosi. Akhirnya pemerintah melarang kegiatan itu. Tetapi karena sudah ketagihan, para remaja tersebut akhirnya menggunakan sepeda agar tetap bisa meluncur menuruni bukit tetapi tidak melanggar larangan pemerintah

Untuk melakukan olah raga ini diperlukan sepeda yg kuat dan memiliki tapak ban yg lebih lebar dibandingkan ban sepeda pada umumnya. Saat itu sepeda yg cocok adalah sepeda Schwinn Excelsior. Sepeda yg sudah di produksi sejak tahun 1933 ini di rancang oleh Ignaz Schwinn. Karena kuat, sepeda itu disukai oleh para loper koran. Akhirnya sering disebut Paperboy Bike atau Klunkers.

Gimana ada yg berminat untuk mencoba olahraga yg ekstrem dan sangat menegangkan ini tetapi hati hati untuk mencoba olahraga ini dan diperlukan pengawasan oleh ahli.

0 komentar:

Posting Komentar